Kewirausahaan

TUGAS KEWIRAUSAHAAN





NAZLA LATIFA HANUM
SYIFA AULIA AZAHHRA
2DD02





UNIVERSITAS GUNADARMA
2018

Ulasan mengenai sebuah perusahaan
v  Bio Perusahaan
A.    Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan              : Ayam Mrothol
Tanggal berdiri                  : 27 Maret 2017
Alamat Perusahaan           : Jalan Akses Universitas Indonesia No. 51, Kelapa Dua, Depok      (resto) dan CafĂ© Gunadarma Kampus J1 Kalimalang
Jenis Perusahaan               : Industry
Jumlah Karyawan             : 3 orang
Produk                              : Makanan

B.     Riwayat Perusahaan
Ayam Mrothol merupakan perusahaan (Industry) yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (makanan dan minuman) yang didirikan pada tanggal 30 Maret 2017.

C.    Visi dan Misi Perusahaan
1.      VISI
Menjadi restoran ayam dengan rasa dan pelayanan terbaik di Indonesia
2.      MISI
a)      Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di Indonesia.
b)      Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
c)      Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia.

v  Latar Belakang Usaha
Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebutkan sebuah usaha yang menyajikan makanan. Selain resto kami juga membuka usaha ayam mrothol dengan gaya (outlet/kios) yang dimana customer datang membeli untuk dibawa atau di bungkus.
Proses usaha bisnis resto/rumah makan ini membutuhkan keyakinan dan pemikiran yang cukup panjang. Sebelumnya pemilik ayam mrothol yang bernama bp Edi dan bp Wiwin bekerja sebagai penyuplai ayam potong yang dikirim ke supermarket-supermarket. Kemudian beliau berpikir kenapa tidak kita buka saja restaurant ayam saja. Akhirnya, sejak saat itu ia membuka usaha rumah makan “Ayam Mrothol” pada tanggal 30 Maret 2017 yang berlokasi di Jalan Akses Universitas Indonesia No. 51, Kelapa Dua, Depok (untuk restaurant pertamanya). Bahasa Mrothol sendir berasal dari bahasa Jawa yang artinya mudah lepas. Sehingga, ayam mrothol adalah ayam yang mudah lepas. Mudah lepas disini maksudnya adalah harapan bahwa pada saat konsumen memakannya, maka tidak perlu repot-repot untuk memisahkan antara tulang dengan dagingnya. Kisaran harganya sangat terjangkau. Kini ayam mrothol juga melayani catering.
v  Logo
Logo usaha ayam mrothol memiliki filosofi bahwa ayam itu awalnya berasal dari telur, sehingga diharapkan dapat menjadi pioneer dan dapat berkembang. Untuk warnanya, ayam mrothol menggunakan perpaduan antara warna kuning dan merah dimana warna merah ini sebagai daya tarik.

v  Pesaing
Untuk pesaing ayam mrothol saat ini seperti Mr. Cripsy dan Hisana

v  Rencana Pengembangan Usaha
Resto Ayam Mrothol, berencana menambahkan menu-menu baru yang juga tidak lepas dari bahan-bahan ayam. Kami juga berencana akan menambah outlet-outlet baru dan restaurant baru di daerah-daerah yang belum banyak restaurant ayam.



























LAMPIRAN




Booth Ayam Mrothol di Kantin Gunadarma J1 Kalimalang.
(Pengelola : Syifa Aulia)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Bisnis di Internet (E-Business Model) dan E-Marketing