Kewirausahaan
TUGAS KEWIRAUSAHAAN
NAZLA LATIFA HANUM
SYIFA AULIA AZAHHRA
2DD02
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
Ulasan mengenai sebuah perusahaan
v Bio Perusahaan
A.
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama Perusahaan : Ayam Mrothol
Tanggal berdiri : 27 Maret 2017
Alamat Perusahaan : Jalan Akses Universitas Indonesia
No. 51, Kelapa Dua, Depok (resto)
dan Café Gunadarma Kampus J1 Kalimalang
Jenis Perusahaan : Industry
Jumlah Karyawan : 3 orang
Produk : Makanan
B.
Riwayat
Perusahaan
Ayam Mrothol merupakan perusahaan
(Industry) yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (makanan dan minuman)
yang didirikan pada tanggal 30 Maret 2017.
C.
Visi
dan Misi Perusahaan
1.
VISI
Menjadi restoran ayam dengan rasa dan
pelayanan terbaik di Indonesia
2. MISI
a)
Menjadi perusahaan
terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di Indonesia.
b)
Mengutamakan kualitas
dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
c)
Mengembangkan usaha di
beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia.
v
Latar
Belakang Usaha
Rumah makan
adalah istilah umum untuk menyebutkan sebuah usaha yang menyajikan makanan.
Selain resto kami juga membuka usaha ayam mrothol dengan gaya (outlet/kios)
yang dimana customer datang membeli untuk dibawa atau di bungkus.
Proses usaha
bisnis resto/rumah makan ini membutuhkan keyakinan dan pemikiran yang cukup
panjang. Sebelumnya pemilik ayam mrothol yang bernama bp Edi dan bp Wiwin
bekerja sebagai penyuplai ayam potong yang dikirim ke supermarket-supermarket.
Kemudian beliau berpikir kenapa tidak kita buka saja restaurant ayam saja.
Akhirnya, sejak saat itu ia membuka usaha rumah makan “Ayam Mrothol” pada
tanggal 30 Maret 2017 yang berlokasi di Jalan Akses Universitas Indonesia No.
51, Kelapa Dua, Depok (untuk restaurant pertamanya). Bahasa Mrothol sendir
berasal dari bahasa Jawa yang artinya mudah lepas. Sehingga, ayam mrothol
adalah ayam yang mudah lepas. Mudah lepas disini maksudnya adalah harapan bahwa
pada saat konsumen memakannya, maka tidak perlu repot-repot untuk memisahkan antara
tulang dengan dagingnya. Kisaran harganya sangat terjangkau. Kini ayam mrothol
juga melayani catering.
v
Logo
Logo usaha ayam
mrothol memiliki filosofi bahwa ayam itu awalnya berasal dari telur, sehingga
diharapkan dapat menjadi pioneer dan dapat berkembang. Untuk warnanya, ayam
mrothol menggunakan perpaduan antara warna kuning dan merah dimana warna merah
ini sebagai daya tarik.
v Pesaing
Untuk pesaing
ayam mrothol saat ini seperti Mr. Cripsy dan Hisana
v Rencana Pengembangan
Usaha
Resto Ayam Mrothol, berencana
menambahkan menu-menu baru yang juga tidak lepas dari bahan-bahan ayam. Kami
juga berencana akan menambah outlet-outlet baru dan restaurant baru di
daerah-daerah yang belum banyak restaurant ayam.
LAMPIRAN
Booth
Ayam Mrothol di Kantin Gunadarma J1 Kalimalang.
(Pengelola
: Syifa Aulia)
Komentar
Posting Komentar